Trip to Anambas

Ternyata omongan di postan saya yang terakhir itu hoax pemirsah, huahahaha
nyatanya saya lama banget gak nulis disini, almost 2 bulan? hehe. Maaf ya... 

Anyway, welcome back buat kamu yang gak sengaja mampir atau memang sering mampir buat baca tulisan saya. Atau mungkin udah ada yang nungguin tulisan ini? Iya, kali ini saya mau nulis tentang perjalanan saya ke Kepulauan Riau waktu maret lalu. Sebenernya saya mau nulis ini udah dari selesai wisuda cuman apa daya banyak dramanya, ya masih ngurus ini-itu ditambah handphone saya hilang jadi makin ga mood buat nulis :(

Long story short, saya dan  teman saya memutuskan pergi berlibur sebelum wisuda. kebetulan teman saya ini asli orang sana jadi saya istilahnya saya numpang sama mereka yang lagi pulang kampung hihi. Saya berangkat akhir februari mau ke awal maret, pas minggu pertama saya sampai di Anambas kebetulan cuaca sedang bagus, air laut tidak dalam angin juga belum kencang. Terus selama disana saya ngapain aja???

Hm... gak ngapa-ngapain haha.

bohong deng, selama disana saya main hihi, saya menghitamkan diri biar tambah sexy. LOL 

Saya tinggal ditempat teman saya di desa piabung dan desa tebang, kedua desa ini berada di pulau matak (palmatak), karena anambas itu kepulauan jadi pulaunya ada banyak hehe. Rumah disana itu rumah panggung bawahnya langsung laut, jadi kalau males mandi di kamar mandi bisa langsung nyebur gitu kelaut hehe. 

piabung

 my very first sunrise. Indah banget gak sihhhhh saya nulis ini jadi pengen balik lagi hehe.

Kalau traveling indentik sama makanan kan ya... Tenang, yang doyan banget sama seafood gak bakal rugi shay. seafood disana fresh bangetttttttt eits.... hati-hati kebanyakan makan seafood bisa bikin kolesterol naik hihi.

 Ikan salai-lakse-roti goreng


 Another my morning view
Cap to the cuss gak usah lama intronya, saya mau kenalin pantai dan pulau terindah yang saya kunjungi....

1. Pantai Pasir Panjang



Pantai pasir panjang in pantai yang pertama kali saya kunjungin. Kalau kalian tinggal di desa tebang (kaya saya waktu itu) cukup dengan motor (orang anambas biasa nyebut motor itu honde, walaupun motornya yamaha tetep aja disebut honde) dengan jarak kurleb 20 menit kalian bisa sampai di pantai ini. Tapi sayangnya gak boleh berenang disini, karena banyak ikan lepu.

2. Pulau Nongkat

Nah ini dia. Ini dia pulau yang bikin saya betah gak mau pulang. Indah kan? akses mau kesini lumayan rumit, kalian harus nyebrang dari tebang ke nongkat pake speedboat atau perahu motor (orang sana biasanya motor atau pong-pong) kalau pake speedboat sekitar 30 menit sampaiiii tapi kalau pake perahu motor lumayan lebih lama, mungkin 45 menit sampai 1 jam.
Yang sangat disesalkan, banyak pulau-pulau cantik di Anambas diperjual belikan dengan orang asing, kaya pulau nongkat ini. Sewaktu saya kesana ada resort/cottage yang lagi dibangun. Mungkin kalau resortnya sudah beres saya mau nginep disana *ngayal* haha. Kata teman saya pulau nongkat ini dulunya biasa aja gak sebagus sekarang, mungkin karena sudah dibeli sama orang asing jadi pulau ini diolah, pantainya dirawat, sampai bisa sebagus ini. Pulau ini memiliki potensi besar buat dijadikan objek wisata, andai pemerintah kita bisa ngolahnya ya... sayang aja gitu kalau dibeli sama orang asing...


Airnya jernih banget ya... jarak dari pantai sampai batu karang yang besar itu ada kali 200-300m airnya juga gak dalem, jadi bisa berenang dengan aman gak takut tenggelam, bagusnya lagi ombaknya tenang.Kalau kalian naik keatas batu karang itu siap-siap kaget sama pemandangan dibalik batunya.


TADA ini dia pemandangan dibalik batu yang besar iteuw!!!! Airnya jernih banget!!! Sampai koral dan karang-karangnya keliatan. Waktu take foto ini saya drama dulu deh pokoknya, ngetakenya lama banget, soalnya say takut, takut badan saya ngenain karang-karang yang indah ituw :( 

bening

By the way, saking cintanya sama pulau nongkat saya dua kali datang kesini... sebelum pulang ke jakarta saya ke nongkat lagi hehe. 

 Nongkat Islan #day2

 Nongkat Island #day2

 Finding Nemo #nongkat #day2

3. Pantai Pasir  Biang

Pantai ketiga yang saya kunjungin namanya pasir biang. ini pantainya adek-kakak sama pasir panjang. Bisa ditempuh pakai  honde sekitar 45 menit. Perjuangan banget sih mau ke pantai ini, kalian harus masuk ke hutan dulu jalan kaki sekitar15 menit. Tapi cape kalian worth kok kalau bisa nemu sama pemandangan kaya gini.


4. Temawan Island

cr : google


Selanjutnya pulau temawan yang saya kunjungi diakhir liburan saya. Beda sama pulau nongkat pantai ini masih virgin banget, kalau kalian kesini bisa liat keasriannya yang tidak terlalu sering dijamah wisatawan. Jujur, pulau ini yang paling sulit buat dikunjungi saat saya berlibur kesana. Perjalanan dengan speedboat yang lumayan lama-- sekitar 1 jam lebih, menerpa angin, hujan gerimis, dan ombak yang lumayan bikin speedboat oyag-oyagan. Tapi balik lagi, semuanya WORTH! Pasirnya selembut tepung man! Again, airnya juga jernih banget dan kalian boleh berenang dengan sesuka hati.

Di pulau ini yang kalian bisa liat cuman pasirrrrr sepanjang mata memandang, Indah pokoknya. Bener-bener bisa bikin fresh dari hiruk pikuk dan kebisingan ibu kota.


Sebenernya masih banyak pantai dan pulau yang pengen saya kunjungi sewaktu disana, Pulau Qian Panjang, Pulau Penjalin, Pulau Penyalin, Pulau Duray,  Pulau Bawah, dan masih banyak lagiiiiii. Well, sangat disayangkan waktu saya disana tidak cukup, karena pulau yang saya sebutkan diatas jaraknya lebih jauh lagi dan kebetulan saat minggu kedua saya disana angin sedang kencang-kencangnya. Mungkin pulau-pulau yang lain akan masuk ke bucketlist saya dan lain waktu bakal saya kunjungi, amiin.

Tibalah saatnya saya harus pulang karena saya mau di wisuda hehe. Sebenernya waktu saya pulang dari Anambas mepet banget, H-4 wisuda saya baru pulang hahah. Orang-orang dirumah--terutama orangtua saya khawatir banget syaa gak bisa pulang. Cuman apa daya, akses pulang saat itu lagi susah, angin lagi kenjang jadi kapal fery gak bisa jalan. But finally, saya bisa pulang dan di wisuda juga, Alhamdulillah.

So.... buat temen-temen yang mau kesana saya bakal jelasin sedikit mengenai aksenya..

1. Via Udara (Pesawat) 

Jakarta-Tanjung Pinang-Tarempa-Pulau Palmatak

Kalau kalian mau agak cepet, kalian bisa naik pesawat dari Jakarta (CGK) ke Tanjung pinang (TNJ) setelah di tanjung pinang, kalian sambung naik kapal fery ke tarempa (Kabupaten Kepualauan Anambas) yang makan waktu sekitar 10-12 jam. Setelah sampai di tarempa kalian bisa sambung lagi pake speedboat ke pulau matak yang memakan waktu kira-kira 45 menit atau bisa pakai perahu motor yang makan waktu sekitar 2 jam.

2. Via Bukit Raya (Kapal Laut)

Tanjung priok-Tarempa-Palmatak

well, sebenernya saya kurang tau kalau via kapal bukit raya hehe. Yang saya tau kalau kalian mau yang lebih hemat dan kebetulan kalian punya banyak waktu untuk liburannya, bisa coba pergi menggunakan kapal bukit raya ke tarempa yang makan waktu sekitar 3 hari 3 malam lalu disambung speedboat/perahu motor ke palmatak.

Sedikit tips dari saya buat kalian yang mau liburan ke anambas :

1. Siapkan diri dan hati

You have to be adventurous once in a life time. Maka dari itu siapkan diri dan fisik kalian buat explore lebih, jangan takut buat berenang, snorkling, manjat batu karang yang gede, even nerobos hutan, karena menurut saya kalian bakal rugi kalau sampe gak nekat. Gak apa sesekali nekat kalau ujung-ujungnya kalian bakal nemu pemandangan yang bisa manjain kalian, tenang guys cape kalian bakal kebayar sama keindahan pemandangan disana.

2. Waktu 

Sebelum kesana ada baiknya kalian googling terlebih dahulu cuaca disana. Apakah disana sedang angin kencang? Atau tidak? Karena rugi kalau kalian datang kesana sewaktu angin kencang, kalian gak akan bisa kemana-mana :(

Dan persiapkan juga waktu yang lumayan untuk liburan kalian di anambas. Jangan mepet banget sama hari kerja/sekolah hehe. Karena kalau kalian datang sewaktu peralihan cuaca (Februari-Maret) besar kemungkinan untuk pulang susah, karena waktu peralihan dari musim hujan ke kemarau ombak sedang tinggi dan angin kencang, kalau keadaan cuaca seperti itu biasanya kapal fery tidak bisa jalan.

3. Sunblock, Aloevera gel, dan Vaseline 

Yang ini wajib banget dibawa biar gak kena sunburn. heheh.

Well mungkin segini aja tulisan liburan saya. This is my first post about my travelling journey, ketauan banget ya masih belum matang alias maish rancu haha. Tapi gak apa, semoga next time kalau saya pulang travelling lagi bisa kebih baik tulisannya hihi. Anyway, semoga membantu buat kalian yang lagi bingung mau liburan kemana pas kebaran nanti hihi!


Marhaban ya ramadhan fellas! Selamat berpuasa! 
mwa!

Daisy





Comments