Open Minded : Relationship(s)


Cr : google 

Nganu… Kemarin ada yang protes sama saya karena nulis pake Bahasa inggris, hehe. Sebernya Iseng sih biar temen-temen saya yang non Indon bisa baca, but for this one I think I will write in Bahasa., maaf ya kalau post-an saya selalu absurd ini hanya sebagian pemikiran saya ditambah dengan beberapa sumber yang saya cari entah itu dari mbah google atau dengan responden yang bersangkutan. Alright here we go… 

Apa yang kalian tahu tentang relationship?

Relationship itu dari kata relation yang artinya hubungan. Jadi relationship adalah menjalin hubungan or choosing to be on your partner’s team. Team? Iya dong kalau sendiri Namanya individualis. Ketika kamu berkomitmen dengan seseorang, dan kamu mempertimbangkan opininya juga saat mengambil keputusan, kamu bekerja sama untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Well, saya bisa mengartikan relationship = team work dan team work makes dreams work. Sampai sini paham?

Relationship ini ada banyak tipenya yang paling umum yang kita tahu mungkin hanya 4 tipe ya, Family Relationship, Friendship, Acquaintances, dan Romantic relationship. Well, saya nggak akan bahas semua itu HAHA. Saya Cuma mau bahas Romantic Relationship, iya biar seru, kemarin kan udah full ngebahas soal sex, sekarang ngebahas hubungannya ya~

Nggak perlu saya jelasin lah ya romantic relationship itu apaan? Tahu kan? Atau sedang menjalani? Pacaran gaes, romantic relationship itu pacaran. Pada umumnya relationship ini melibatkan intimacy, affection, sexuality, dan yang paling penting adalah LOVE. Melibatkan cinta gaes, yang buchin raise your hand?!

Anyway gaes, selama ini relationship yang kita tahu tuh ada berapa sih? Gak banyak kan? Awalnya yang saya tahu ya cuma pacaran pada umumnya aja antara laki-laki dan perempuan (Heterosexual), tapi ada juga pasangan antara laki-laki dan laki-laki (Gay), Perempuan dan perempuan (Lesbian) biasanya relationship yang terjadi hanya dua orang aja disebut monogamous relationship. Tidak hanya dijalani oleh dua orang, romance relationship juga bisa dijalani oleh lebih dari 2 orang dalam 1 hubungan atau non-monogamous salah satunya adalah Poliamori dan open relationship. Dibahas satu-satu ya gaes.
  
Monogamous Relationship.

Menurut Wikipedia Monogami berasal dari kata monos yang berarti sendiri dan gamos yang berarti penikahan, adalah kondisi dimana seseorang menjalin hubungan dan hanya memiliki satu pasangan. Seperti yang aku bilang, ada pasangan heterosexual, ada pasangan gay, dan lesbian dan lainnya

Non-monogamous Relationship

Sebenernya hubungan non monogamy itu ada beberapa tapi yang aku tau Cuma dua Poliamori dan Open relationship. 

HAH noh! Baru denger poliamor? Kaget? Shock? Jangan gaes, jangan shock. Kenal istilah poligami? Nah poligami pada dasarnya bentuk ikatan pernikahan antara satu orang dengan beberapa orang sekaligus. Kalau laki-laki yang menikahi lebih dari satu perempuan disebut poligini, dan kalua perempuan yang menikah dengan lebih dari satu laki-laki namanya poliandri. Jadi si poligami itu hanya bentuk ikatan pernikahannya.

Lah terus poliamori itu apa? Poliamori adalah bentuk relationship dengan lebih dari satu orang dalam waktu yang bersamaan. Jadi Poliamori yang memanyungi polgini dan poliandri.

Beda ya gaes sama selingkuh! Karena biasanya poliamori didasarkan pada persetujuan masing-masing pihak yang terlibat dalam hubungan tersebut, kalau selingkuh kan biasanya terjadi tanpa sepengetahuan pasangan.

Saya kenal sama seseorang lewat dunia maya—dia laki-laki, sedang menjalin hubungan sama 2 perempuan dan masih open. Somehow I really find their relationship beautiful and nice to see, Ga semua orang bias dedicated kaya gitu, terutama soal jealousy. Saya sempet tanya, gimana cara maintain hubungan ini dan perempuan kadang tidak terima dengan konsep berbagi, but u know what their answear? Mereka bilang mereka tidak merasa saling berbagi tapi merasa seperti one whole unity :” Love is a great thing, right?

I know, for some people ini gak masuk akal, termasuk saya. Saya masih ingin memahami ini lebih jauh. Don’t u think this is the way to legalize the ‘unfaithfulness’ ? Well maybe, but better than cheating, I guess. Mungkin kalo yang mau menjadi poly harus bisa memanage perasaan karena ‘jelaousy’ itu bener-bener gak ada dalam kamus orang-orang poli ini, dan komunikasi. Komunikasi harus transparent karena butuh pondasi trust yang kuat buat menjalin suatu hubungan—ga Cuma poliamor aja dan harus ada consent!

Open relationship

Open relationship, atau hubungan terbuka, adalah dua orang yang berkomitmen (‘komitmen’ di sini konteksnya berpacaran, BUKAN pernikahan), namun keduanya masih boleh ‘jalan’ dengan orang lain. Dengan kata lain, you can date other people even when you and your boyfriend commit in a relationship1.

Bedanya apa sama poliamor??
In my opinion Open relationship itu beda sama polimor. Kalo poliamor u can give your love kepada lebih dari satu orang, kalau open relationship itu u can have sex but u can’t fall in love.

YANG PASTI these kind of relationships definitely not for everyone. Karena gak semua orang bisa menerima bahwa pasangannya jalan sama yang lain or pacarnya punya pacar yang lain but lebih baik menjadi pasangan poliamor/open relationship dari pada kamu berselingkuh dari pasangan kamu, why? Because when you betray your partner you also betrayed the love but first of all you betrayed your self first and that’s really toxic!!! Tahu kan drama korea yang sedang booming? Saya inget banget salah satu kutipannya yang kena di hati pas hyunso bilang ;
“Men who have had an affair will have an affair again,”
 Tapi kata-kata Tae Oh ada benarnya ;

“U can’t stop loving someone just because you’re married.”
Oh satu lagi quotes dari cleo.co.id 
No matter how much you love someone, sometimes you're attracted to other people—and the other way around.
Okay saya mendadak pusing kalau ngomongin cinta HAHAHA. So what do think about realtionship ini?

Menurut opini saya, semua orang berhak menciptakan hubungan seperti apa yang mereka mau, everyone has their own right to create their own rules dengan catatan mereka paham dengan konsekuensi atas pilihan yang mereka ambil.  

Apakah kalian tertarik menjadi poliamor atau punya open relationship? atau mau tetap menganut monogamy? Well, you do you as long as you're happy~!

Tooddles~~~


-Sugar

1. Source https://www.cleo.co.id/men-relationship/apa-itu-open-relationship

Comments