Sharing : Lucid Dream, Is It Real?



Pernah mimpi terjatuh dari terbing?
Pernah mimpi di kerjar hantu?
Pernah mimpi bertemu dengan orang yang disuka?



Mungkin semua orang pernah kali ya. Sebelum masuk ke materi yang lebih spesifik, saya mau tanya, Apa sih mimpi itu?

Banyak referensi mengenai arti dari sebuah mimpi. Kalo kata Prof. Dr. Dr. dr. Neng Gani, a.k.a Ibu saya, mimpi itu bunga tidur. Saya juga gak ngerti apa maksud dari bunga tidur itu apaan. 

Apakah bunga yang sedang tidur? Atau saya yang lagi tidur sambil berbunga-bunga? Yang jelas, mimpi itu berbeda dari dunia nyata. *yaiyalah*

Kalo kata Wikipedia Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur terutama saat tidur yang disertai gerakan mata yang cepat (rapid eye movement/REM sleep).
Kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi dalam dunia nyata, dan di luar kuasa pemimpi. Pengecualiannya adalah dalam mimpi yang disebut lucid dreaming
By the way, waktu saya semester dua juga sempet di bahas sama Pak bams tercintah mengenai Tidur dan masalah-masalah seputarnya.

Ehm, kalo kata om gugel kan mimpi biasanya mustahil terjadi dalam dunia nyata, namun, masih banyak orang-orang yang percaya bahwa mimpi itu merupakan suatu pertanda. Misalnya kalo cewe lajang mimpi digigit ular itu bakalan ketemu jodoh, atau mimpi buang air besar itu pertanda buruk, beberapa teman saya pernah mengalami hal tersebut. Saya juga pernah. Tapi ya saya orang yang tidak menyangkal atau membenarkan hal-hal tersebut karena sebenarnya banyak hal di dunia ini yang tidak bisa di pecahkan oleh logika.

Terus Lucid Dream itu apa dong??
 Dalam mimpi demikian, pemimpi menyadari bahwa dia sedang bermimpi saat mimpi tersebut masih berlangsung, dan kadang-kadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya serta mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut. Pemimpi juga dapat merasakan emosi ketika bermimpi, misalnya emosi takut dalam mimpi buruk.

Nah itu deh Lucid Dream, bahasa sederhananya, lo mimpi tapi di mimpi lo lo sadar lagi mimpi terus lo bisa deh ngatur mimpi itu sesuai dengan keinginan lo.

Saya pernah mimpi jatuh dari jurang, jurangnya itu tak berdasar sumpah asli gelap, dalem bangettt, terus tokoh saya dalem mimpi saya bilang ke diri saya sendiri, Ini cuman mimpi, lo bisa terbang terus saya terbang deh kaya Peter Pan. Penah lagi mimpi dikejar hantu, ya sama, tokoh saya dalem mimpi yang bisikin saya kalau saya itu harus bangun soalnya itu cuman mimpi. Terus, waktu dulu pernah saya mimpi sampe ceritanya bersambung-sambng kaya sinetron, dalem mimpi itu bukan saya aja, tapi melibatkan orang-orang terdekat saya. Saya sebenarnya bingung kok bisa kaya gitu. Tapi kejadian ini gak sering, malah cuman seminggu itu aja.

Saya termasuk orang yang sering mengalami lucid dream, walaupun saya tidak menghendakinya, Cape broh. Saya juga gak tau, awalnya gara-gara apa saya bisa Lucid Dream gitu, terus cerita ke Ibu. Kata ibu mungkin tingkat imajinasi saja tinggi soalnya saya demen banget baca novel apalagi kalau lagi bulan puasa, sehari bisa abis satu atau dua buku, ibu juga yang nyaranin saya untuk menulis tiap kali saya mimpi. Dan lebih anehnya lagi, saya juga pernah mimpi bertingkat. Jadi dalem mimpi saya, saya mimpi lagi, udah gitu saya mimpi lagi. Pokoknya tingkatnya sampe tiga, saya aja heran. Perlu diceritain gak mimpinya? Gak usah ya, kalau saya jelasin rinci pasti kalian yang baca pusing hahaha. 

Oiya, kalian pernah ngalamin Sleep Paralysis? Kalau kata orang sunda mah ereup-ereup, atau ada yang bilang juga ketindihan mahluk halus. Sebenernya itu cuman mitos, Sleep Paralysis itu merupakan suatu keadaan dimana tubuh kalian menjadi lebih rileks dan kalian tidur lebih dalam. Jadi kalo ada yang kena Sleep Paralysis kalian tenang aja, jangan dilawan karena semakin dilawan semakin tidak nyaman malah jadi sakit, nafas sesak, tidak bisa bicara, dll. Kalau saya lagi kena SP biasanya saya cuman tarik nafas panjang, udah gitu saya ingatkan diri saya kalau saya lagi kena SP setelah beberapa menit pasti sadar dan tubuh bisa bergerak kaya biasanya. 

Dibawah ini ada pengertian lebih rinci tentang Lucid Dream, lengkap sama tatacara bagaimana kalau kalian mau coba, tapi gak akan saya post semua disini hehe ini linknya barang kali ada yang mau main ke blognya. Penjelasan agannya tentang Lucid Dream lengkap bahkan ada tingkatan-tingkatannya Lucid Dreaming terbagi menjadi tiga.
  • Tingkat Basic. Kalian dapat terbang, menembus tembok, berjalan, berlari.
  • Tingkat MenegahKalian dapat memunculkan tokoh tokoh dalam pikiran kalian , seperti orang yang kalian suka , artis , pacar dan teman kalian.
  • Tingkat AhliKalian dapat melakukan hubungan seks , membunuh dan melakukan tindakan tindakan seperti di dunia nyata .
Pasti kalian tanya saya di tingkat mana ya! wkwkwkw

Cuman segitu sih saya pengen sharing tentang pengalaman saya tentang Mimpi, bermimpi, dan Lucid Dream. Semoga dapat menambah pengetahuan baru buat temen-temen. Satu hal yang perlu diingat tak ada salahnya bermimpi, justru jadikanlah mimpi kalian untuk sebuah motivasi! Selamat bermimpi! <3

Mwa!
-Daisy

Comments